Strategi Pemulihan Usaha Pasca Pandemi di Era Transformasi Digital dalam Meraih Keunggulan Kompetitif UMKM
Keywords:
Business recovery, MSMEs, digital transformation, competitive advantage, business strategyAbstract
The COVID-19 pandemic has had a significant impact on Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia, with around 60% of MSMEs experiencing a decline in income. This research aims to identify post-pandemic business recovery strategies in the era of digital transformation and the role of technology in achieving competitive advantage. The method used is a qualitative approach through literature study and in-depth interviews with MSME actors. The research results show that MSMEs that successfully carry out digital transformation utilize e-commerce platforms, social media, human resource training, and collaboration between MSMEs. This strategy not only increases sales but also builds customer loyalty and strengthens competitiveness in the market. This research concludes that implementing holistic and innovative strategies is very important for the sustainability of MSMEs in the digital era.
References
Adam, A., Umar, Z. A., & Niode, I. Y. (2022). Analisis Strategi Bersaing Dan Strategi BertahanPada UMKM Di Kota Gorontalo Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Zoellen Sagela).JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,5(2), 557-567.
Ambadar, Jackie, dkk, Mengelola Merek, Jakarta Selatan Yayasan Bina Karsa Mandiri, 2007
Amin, M. M. (2022). Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rumah Tanjak Riau di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru).Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan,6(1), 34-42.
Arifiani, L., & Furinto, A. (2022).TRANSFORMASI MODEL BISNIS Konsep, Strategi, dan Antisipasi Menyongsong Era Metaverse. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Astiti, S. O. (2022). ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF UMKM DIMASA PANDEMI COVID 19.Managementand Sustainable Development Journal,4(1), 70-84.
Bayu Pradika, D., & Saputro, E. P. (2022).Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Serta Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online Di Tokopedia(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Caldeira, M. M., & Ward, J. M. (2018). Using resource-based theory to interpret the successful adoption and use of information systems and technology in manufacturing small andmedium-sized enterprises.European Journal of information systems,12(2), 127-141.
Dalevska, N., Kravchenko, S., & Kwilinski, A. (2019). Formation of the entrepreneurship model of e-business in the context of the introduction of nformation and communication technologies.
Dasuki, R. (2018). Kinerja usaha koperasi melalui pendekatan tingkat kesehatan kaitannya dengan penciptaan value of firm.Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan,1(1), 41-56.
Departemen perdagangan Republik Indonesia. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009 –2025. Jakarta: Departemen perdagangan Republik Indonesia.
Echdar, S. (2013). Manajemen Enterpreneurship Kiat Sukses MenjadiWirausaha.Yogyakarta: CV An-di Offset.
Fahriyah, A., & Yoseph, R. (2020, July). Keunggulan kompetitif spesial sebagai strategi keberlanjutan UKM di Era New Normal. InProsiding Seminar Stiami(Vol. 7, No. 2, pp. 104-110).
Firmansyah, M Anang; dan Anita. (2020). Kewirausahaan (Dasar Dan Konsep).Pasuruan: CV Qiara Media
Fitra, M. A., & Mashur, D. PENGEMBANGAN STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PEKANBARU.Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,7(2), 1-9
Gunadhi. Erwin. (2006). Kewirausahaan. Garut: Penerbit STT.
Hake, Richard. (1999). Gain Scores. Diakses dari http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdfpada 10 September 2020.
Hasmidyani, Dwi., Siti Fatimah, dan Firmansyah. (2017). Developing Entrepreneurial Spririt Of Young Generation Through Business Plan Traning. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1). Di-akses dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/Mitra-old/article/view/842. pada 28 Oktober 2020.
Hendro & Chandra W.W. (2006). Be a Smart and Good Entrepreneur. Jakarta: Erlangga.
Heru, B. (2022).PENGARUH STRATEGI SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN INTERAKTIF MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM (Studi Pada Home Industri Keripik Bombay MS Bandar Lampung)(Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
ILYASAK, I. (2019).ANALISA PENGARUH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP PENDAPATAN UMKM (Studi kasus pada BMT Kota Gede Yogyakarta)(Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA)
Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kewirausahaan di Era Covid-19. (2020). Diakses dari http://pelatihankewirausahaan.co.id/kewirausahaan-di-era-covid-19/ pada 15 September 2020
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2004).Management information systems: Managing the digital firm. Pearson Educación.
Mayasari, V., Liliana, & Seto, A. A. (2019). Buku Ajar Pengantar Kewirausahaan (Dengan Pendeka-tan Hasil Penelitian).Pasuruan: CV Qiara Media.
Moh. Nazir. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution (1996: 73). Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Jakarta : Sinar Grafika.
Pasaribu, V. L. D. (2021). PELATIHAN BERBASIS ONLINE DI ERA COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(3), 26-32.
Pasaribu, V. L. D., & Setyowati, R. (2021). ADAPTASI KEHIDUPAN NEW NORMAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DIYAYASAN PONDOK PESANTREN DAN PANTI ASUHAN NURUL IKHSAN KECAMATAN SETU, KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 82-88.
Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Pasaribu, V. L. D., Dwiyatni, A., Sabina, C., Ridwan, M., Gunawan, D. D., & Noviani, B. C. (2021). EVALUASI PENERAPAN 3M DIMASA PANDEMIC COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 54-60
Pasaribu, V. L. D., Jannah, M., Fazar, M., Putra, S. P., Monalisa, M., & Sofa, M. (2021). MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA DIMASA PANDEMI PADA IBU PKK RT 004/003 KELURAHAN SAWAH BARU CIPUTAT, TANGERANG SELATAN. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295- 301.
Pasaribu, V. L. D., Oktrima, B., Prabowo, B., Arianto, N., & Haryoko, U. B. (2020). Progam Pendampingan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Pada Usia Dini Terhadap Prestasi Belajar Dilingkungan Rt 020 Rw 009. Kel Giri Peni. Kec Wates. Yogyakarta. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 71-75.
Pasaribu, V. L. D., Priadi, A., Anismadiyah, V., Rahayu, S., & Maduningtias, L. (2021). PENYULUHAN KREATIF DAN INOVATIF MENINGKATKAN MUTU PRODUKSI UMKM DI DESA BELEGA KABUPATEN GIANYAR. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02).
Pasaribu, V. L. D., Septiani, F., Rahayu, S., Lismiatun, L., Arief, M., Juanda, A., ... & Rahim, R. (2021). Forecast Analysis of Gross Regional Domestic Product based on the Linear Regression Algorithm Technique.
Pasaribu, V. L. D., Sulaiman, S., Sutiman, S., Thaharudin, T., & Purnomo, B. Y. (2020). Pengenalan Letak Posyandu Terdekat Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Letak Dan Fungsi Posyandu Terdekat Pada Kelurahan Pisangan. Dedikasi Pkm, 1(1), 105- 110.
Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.
Pasaribu, V. L. D., Syafei, A. N., Farhan, A., Aufaizah, A., Irani, C., & Firtiayani, S. R. (2021). PENGARUH DISPLIN PROTOKOL KESEHATAN TERHADAP PENCEGAHAN PENULARAN VIRUS COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 91-98
Pasaribu, V. L. D., Yuniati, H. L., Pranata, R., Sembayu, R., Purba, S. M., & Nurbayani, T. T. A. (2021). MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENGHADAPI DAN BERTAHAN DI ERA COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 12-18.
Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom: Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Berbisnis. (2020). Diakses dari https://www.kompasiana.com/lucysupratman1335/5db8eb86d541df4db5130af2/pengabdian-masyarakat-universitas-telkom-pelatihan-penggunaan-media-sosial-untuk-berbisnis pada 2 Sep-tember 2020.
Pratiwi, N. A., & Rosdiana, Y. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Riset Akuntansi, 47-53
Priadi, A., Pasaribu, V. L. D., Virby, S., Sairin, S., & Wardani, W. G. (2020). Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Dikelurahan Rempoa. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 356-35
Purwanto. (2006). Diktat Kewirausahaan. Yogyakarta: UNY.
Putra, R. P., Rachmawati, I., & Cholifah, Y. W. (2021). Digital information media of the salman itb halal center in improving marketing performance of halal lecture program.Mediator: Jurnal Komunikasi,14(1), 42-53.
Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan kelima Belas tujuh.Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Richter, B., & Hanf, J. H. (2021). Sustainability as “Value of Cooperatives”—Can (Wine) Cooperatives Use Sustainability as a Driver for a Brand Concept?.Sustainability,13(22), 12344.
Salahuddin, I., Maulana, I., & Eriyani, T. (2018). Prinsip-Prinsip Dasar Kewirausahaan. Dalam I. M. Iwan Salahudin, Prinsip-Prinsip Dasar Kewirausahaan(hal. 4). Yogyakarta: Deepublish.
Salim, P., & Salim, Y. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer Jakarta.
Salmiah, N., & Siregar, I. F. (2018). Analisis penerapan akuntansi dan kesesuaiannya dengan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (pada UMKM di kecamatan sukajadi binaan DisKop & UMKM kota pekanbaru).Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan),3(2), 212-226
Sipayung, F. (2009). Balanced scorecard: pengukuran kinerja perusahaan dan sistem manajemen strategis.Jurnal Manajemen Bisnis,2(1), 7-14.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia.jurnal ilmiah cano ekonomos,6(1), 51-58.
Sule, E. T.,& Saeful, K. (2019).Pengantar manajemen. Prenada Media
Sulistyorini, S., Rizkiana, C., & Kusumawati, C. A. (2022). STRATEGI BERSAING DALAM MELEWATI PADEMI COVID-19 (STUDI KASUS UMKM JAJANAN ENDOLITA KABUPATEN DEMAK).Solusi,20(1), 8-19.
Suryana, Yuyus dan Kartib, Bayu. (2010). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Suwarso. (2018). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis Terhadap Motivasi dan Minat Wirausaha (Study Kasus Mahasiswa Akademik Akuntansi PGRI Jember). Jurnal Mana-jemen dan Bisnis Indonesia, 4(2).
Svatošová, V. (2019). Importance of Strategic Management of SMEs in E-commerce.Ekonomický časopis,67(10), 1090-1100.
Tresna, P. W., Rivani, R., & Nirmalasari, H. (2022). Strategi Keunggulan Bersaing Bagi UMKM Pasca Pandemi COVID-19.Aliansi: Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 395-399.
Wenti. 2013. Ejournal Pemerintahan Integratif, Eksistensi Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan (Studi Kasus di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung). (tidak diterbitkan).
Winarmo. (2011). Pengembangan Sikap Enterpreneurship dan Interpreneurship.Jakarta: PT. Indeks
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akram Gama Bakti: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.